Pemberantasan PHMS Dokter Hewan dan paramedis Lakukan Aktif Servis

Jumat, 01 April 2016 | 13:04:37 WIB | Dibaca: 319 Kali



Petugas Paramedis sedang menyuntikan vaksin kepada hewan Ternak

MUARASABAK-Sehubungan dengan upaya pencegahan dan pemberantasan Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS), Dinas Peternakan Kabupaten Tanjung Jabung Timur melalui bidang Keswan melaksanakan pelayanan kesehatan hewan (aktif servis).

Sekretaris Dinas Peternakan Tanjabtim Fajar Alamsyah di dampingi Kabid Keswan Drh.Ashari Adam mengatakan, aktif servis merupakan kegiatan rutin. Dimana dalam satu minggunya aktif sevis dilakukan dua kali.

"pada kegiatan aktif servis ini dilakukan oleh petugas paramedis yang ada di setiap kecamatan, yang didampingi dokter hewan"ujar Sekretaris Dinas Peternakan.

Dikatakannya,kegiatan aktif servis ini paramedis memberikan suntik kepada hewan peliharaan,ternak. Dengan pemberian berupa vaksin se, rabies, pemeriksaan kebuntingan, pemeriksaan gangguan reproduksi,pengambilan sampel fases pemberian obat cacing dan multivitamin.

"dalam hal ini paramedis mendatangi warga yang memiliki hewan ternak dan hewan peliharaan,"ujarnya.

Kegiatan aktif servis ini, tambahnya, dilakukan secara bergantian dalam setiap kecamatan. Terkait kapan akan dilakukan,petugas paramedis dikecamatan telah menyusun jadwal. Bahkan sebelum kegiatan petugas paramedis kecamatan harus memberitahukan kepada para warga.

"Sesuai dengan jadwal petugas pramedis di kecamatan, mereka yang menentukan jadwal,"jelasnya.

Sekedar untuk diketahui,untuk kabupaten Tanjabtim ada 23 petugas paramedis jebolan Universitas Gajah Mada (UGM) Jogyakarta yang tersebar di sebelas kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Sumber: